Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Makanan Sehat

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Makanan Sehat Semester 1 dengan judul subtema"Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Makanan Sehat Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Makanan Sehat :


1. Diare adalah buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya (normalnya).

2. Tanda dan gejala yang biasanya menyertai penyakit diare antara lain: buang air besar encer dan sering kram perut, nyeri perut, demam, adanya darah dalam tinja, dan perut kembung.

3. Diare dapat dicegah dengan.
Minum air yang sudah matangMenjaga kebersihan diri dan lingkunganMencuci tangan dengan menggunakan sabunTidak mengonsumsi makanan/jajanan sembarangan  

4. Minum cairan oralit merupakan cara pengobatan yang paling efektif terhadap gejala diare. Apabila cairan oralit tidak tersedia, maka kamu dapat membuatnya sendiri.

5. Untuk memberi daya tarik pada iklan media elektronik, banyak sekali kreativitas yang digunakan. Salah satunya adalah dengan menampilkan tari-tarian, termasuk tarian daerah.

6. Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi dan ini tercermin dari tarian daerah yang dimilikinya. 

7. Makna yang terkandung berbeda-beda. Ada tari Gantar dari Kalimantan yang menggambarkan gerakan orang yang tengah menanam padi.


8. Mereka menggunakan properti tongkat yang menggambarkan kayu penumbuk, sedangkan bambu dan biji-bijian di dalam wadah penumbuk menggambarkan benih padi dan wadahnya.

9. Di Kalimantan juga terdapat tarian perang atau yang dikenal dengan Tari Kancet Papatai yang
menggunakan properti berupa mandau, perisai, dan baju perang.

10. Properti tari merupakan bagian dari perlengkapan tari yang dipergunakan untuk meningkatkan estetika atau keindahan sebuah tarian dan untuk memperdalam makna yang terkandung dalam sebuah tarian.

11. Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi.

12. Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. 
13. Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

14. Air infus ini adalah air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu.

15. Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dan semuanya dapat diperoleh dengan cara yang cukup sederhana, yaitu menjaga kesehatan lingkungan.

16. Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang perlu dipelihara agar berfungsi maksimal karena tubuh kita memperoleh nutrisi melalui sistem pencernaan. 




0 komentar

Posting Komentar