Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Menjelajah Angkasa Luar

Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2/Semester Genap dengan judul subtema "Tokoh Penjelajah Angkasa Luar". Soal kami buat dengan mengacu kepada buku kurikulum 2013. Buku yang digunakan adalah buku yang ditulis kementrian pendidikan nasional. Soal ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya yaitu kelas 6 tema 9. Jika bapak dan ibu membutuhkan soal-soal sebelumnya silahkan unduh melalui link dibawah ini:


Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 Menjelajah Angkasa Luar

SOAL ULANGAN HARIAN
KELAS VI SD 2018/2019
==============================================
  Nama Siswa        : 
  Kelas/ Semester  : 6/2
  Tema/ Subtema  : 9/3 . Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
==============================================

A. Pilihlah jawaban dengan menyilang a, b, c atau d!
Tokoh penemu teleskop adalah...
a. Nicolas Copernicus
b. Galileo Galilei
c. Hans Lippershey
d. Buzz Aldrin

Berdasarkan batas sabuk asteroid, yang termasuk planet dalam adalah...
a. Merkurius dan Venus
b. Merkurius, Venus, Bumi, Mars
c. Merkurius, Venus, Bumi
d. Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter

Tokoh Astronaut yang beserta Neil Armstrong sebagai kru dari apollo 11 seperti pada gambar berikut ini bernama...


   









a. Nicolas Copernicus
b. Buzz Aldrin
c. Galileo Galilei
d. Neil Armstrong

Teori yang memperkenalkan bahwa Bumi dan planet-planet lain mengelilingi Matahari adalah...
a. Galileo Galilei
b. Robert Goddard
c. Nicolaus Copernicus
d. Johannes Kepler

Tokoh indonesia yang pernah menjadi calon astronaut adalah...
a. Yuri Gagarin
b. Neil Armstrong
c. Buzz Aldrin
d. Pratiwi Sudarmono

Perhatikan teks berikut ini!
    Hmm, Yanes dalam hati malu lagi! Meskipun hanya pemberian, Dami punya peralatan lebih bagus darinya. Saat Dami menulis, diam-diam Yanes memperhatikannya. Dami menulis dengan cepat, tetapi hasilnya bagus. Memang, tulisan Yanes bagus. Namun, tulisan Dami tidak kalah bagusnya.
    Hmm, Yanes mengakui lagi, isa sombong! Menganggap memiliki tulisan lebih bagus. Yanes tak menyangka, mereka berhasil menyelesaikan tulisan dengan cepat sebelum makan malam. Dan makan malam hari itu, menyenangkan. Ternyata seru juga, kalau ada teman makan bersama.
Selesai makan, mereka menghias hasil tulisan mereka. Lagi-lagi Dami mengeluarkan sesuatu dari tasnya. Aneka kertas warna-warni.
"Wah, keren!" puji Yanes.

Nama toko pada teks di atas adalah...
a. Yanes dan Ibu
b. Yanes dan Dami
c. Dami dan Indah
d. Indah dan Yanes

Perhatikan teks berikut ini!
    Sahabatku Ina,
    Halo ina, bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja seperti aku ya! Aku ingin menceritakan pengalaman menarikku kepadamu, In. Semoga lain waktu kita dapat mengalaminya bersama, ya!
Aku baru saja tiba di Kota Pontianak. Aku diajak Ayah ke tempat tanpa bayangan! Menarik ya namanya! Kamu pasti penasaran! Sama, aku juga penasaran. Sejak berangkat aku pun berusaha membayangkan akan seperti apa tempat itu.
    Aku menghabiskan perjalanan selama 30 menit untuk tiba di suatu tempat. Aku sempat bingung dan bertanya kepada Ayah, mengapa tempatnya seperti itu, tidak seperti yang kubayangkan. ternyata tempat itu bernama Tugu Khatulistiwa. Kata Ayah, semua benda yang ada di sini tidak memiliki bayangannya karena tugu ini berada tepat di posisi garis lintang 0 derajat.

Latar dari cerita pada teks di atas adalah...
a. Kota Jakarta
b. Kota Pontianak
c. Kota Samarinda
d. Kota Palembang

Perhatikan teks berikut ini!
    Perkenalkan namaku Gio. Aku mempunyai teman. Namanya Dony. Liburan sekolah telah tiba, tetapi aku dan temanku masih bingung mau liburan ke mana. "Libur sekolah enaknya ke mana, ya?" tanya aku kepada temanku. Dia menjawab, "Enaknya berpetualang dan mencari suasana baru."
"Iya, aku tahu tetapi ke mana?" Tanyaku lagi kepadanya. Kemudian, dia menjawab, "Misalnya ke gunung atau berpetualang ke kebun dan hutan."
    Dengan wajah serius, aku termenung. Akhirnya aku mendapatkan ide untuk liburan ke tempat yang indah dan panorama kawah yang luar biasa. Pasti pada penasaran kan aku mau ke mana?

Keinginan Gio adalah...
a. belajar
b. berlibur
c. bernyanyi
d. bekerja

Perhatikan teks berikut ini.
    "Dindin, ayo kita berangkat sekarang!" panggil Ayah dari depan.
"Aku mencari buku catatanku dulu, Ayah! Aku lupa meletakkannya. Ayah berangkat saja dulu. Dindin jalan kaki saja," jawab Dindin dari dalam kamarnya.
Begitu melihat Ayahnya berangkat, Dindin bergegas keluar kamar dan langsung berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki. Sebenarnya Dindin senang berangkat bersama ayahnya ke sekolah. Hanya saja ada yang membuatnya gelisah. Beberapa teman kelasnya mulai mengolok-olok sepeda milik Ayahnya. Menurut mereka, sepeda Ayah sudah kuno dan ketinggalan zaman.

Hal yang membuat Dindin malu adalah...
a. berangkat sekolah bersama ayahnya
b. sepeda tua milik ayahnya
c. tidak membawa buku catatan
d. berjalan kaki

Perhatikan teks berikut ini.
      "Bagaimana, enak nggak belajar sepeda?" tanya ayah.
Ihsan mengangguk. "Enak, Yah," jawabnya senang.
"Masih takut?" tanya Ayah.
Kali ini Ihsan menggeleng, "Nggak, dong, Yah."
      Ayah tersenyum mendengarnya, "kalau kamu rajin berlatih, dalam waktu singkat kamu pasti sudah bisa naik sepeda."
"Pasti! Aku sebentar lagi pasti bisa," Kata ihsan yakin. Sesaat kemudian, dia mencoba kembali mengayuh sepedanya. Kali ini dia berhasil hingga lima kali mengayuh. "Ayah, aku bisa! Aku bisaaa!" 

Inti dari cerita fiksi di atas adalah...
a. Ihsan tidak mau naik sepeda
b. Ihsan bisa naik sepeda
c. Ihsan berangkat sekolah naik sepeda
d. Ihsan bersepeda bersama teman-temannya

Suku yang hidup di puncak Gunung Bromo adalah...
a. Tengger
b. Buddha
c. Jawa
d. Sunda

Penduduk suku Tengger beragama...
a. Hindu
b. Buddha
c. Islam
d. Kristen

Dalam kehidupan bermasyarakat, bentuk persatuan dan kesatuan dapat ditunjukkan dalam kegiatan...
a. perdagangan bebas
b. kerja bakti
c. monopoli
d. distribusi

Wayan adalah satu-satunya teman yang beragama Hindu. Tindakan terdapat Wayan yang sesuai dengan jiwa persatuan dan kesatuan adalah...
a. menjaga jarak
b. membatasi pergaulan karena berbeda agama
c. tetap bergaul dan saling menghormati
d. tidak membedakan agama, tetapi menjaga pergaulan

Agar tercipta persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat maka kita harus berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Arti kata berinteraksi adalah...
a. membantu
b. terbuka
c. berkorban
d. berhubungan

Berikut ini yang merupakan kendaraan darat yang digunakan pada masa lampau adalah...
a. sepeda
b. pesawat
c. kapal uap
d. kereta api

Alat transportasi laut yang pada zaman dahulu memanfaatkan tenaga...
a. matahari
b. surya
c. angin
d. suara

Alat transportasi modern yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak adalah...
a. kendaraan bermotor
b. helikopter
c. kereta api
d. mobil

Dampak positif ditemukannya mobil bertenaga surya adalah...
a. lebih mahal biaya perawatannya 
b. lebih cepat waktu perjalanannya 
c. jumlah peumpang yang diangkut lebih banyak
d. mengurangi polusi

Dampak positif dari modernisasi transportasi modern terhadap kehidupan bermasyarakat adalah...
a. meningkatkan rasa individualisme
b. sumber daya manusia menjadi lebih sedikit
c. mempercepat waktu perjalanan
d. banyak polusi yang terjadi

Teknik membuang patung konstruksi dilakukan dengan teknik...
a. merakit
b. mengukir
c. menatah
d. mengikat

Perhatikan contoh patung konstruksi berikut ini.







Bahan yang digunakan untuk membuat patung tersebut adalah...
a. daun
b. besi
c. kaleng
d. kertas

Seni patung konstruksi yang berupa miniatur kendaraan jeep pada ga,bar soal nomor 22 merupakan karya dari...
a. Wanaparma
b. Gifson Harianja
c. I Wayan Beratha
d. Agustinus, S.Sn

Perhatikan patung konstruksi berikut.












Patung di atas berbahan dasar...
a. plastik
b. kertas
c. kayu
d. daun

Perhatikan patung konstruksi berikut ini 








Tema dari patung tersebut adalah...
a. tumbuhan
b. manusia
c. hewan
d. kendaraan

B. Isilah titik-titik pada pertanyaan ini dengan jawaban yang benar!
1. Alat yang ditemukan oleh Galileo Galilei adalah...
2. Benda langit kecil berekor yang mengelilingi Matahari dan memiliki ciri berekor panjang disebut...
3. Komet Halley muncul setiap...
4. Perhatikan teks berikut ini.
    Perkenalkan namaku Gio. Aku mempunyai teman. Namanya Dony. Liburan sekolah telah tiba, tetapi aku dan temanku masih bingung mau liburan ke mana. "Libur sekolah enaknya ke mana, ya?" tanya aku kepada temanku. Dia menjawab, "Enaknya berpetualang dan mencari suasana baru."
"Iya, aku tahu tetapi ke mana?" tanyaku lagi kepadanya. Kemudian, dia menjawab, "Misalnya ke gunung atau berpetualang ke hutan."
Tokoh utama dalam teks di atas adalah...
5. Perhatikan teks berikut ini!
    Sahabatku Ina,
    Halo ina, bagaimana kabarmu? Semoga baik-baik saja seperti aku ya! Aku ingin menceritakan pengalaman menarikku kepadamu, In. Semoga lain waktu kita dapat mengalaminya bersama, ya!
Aku baru saja tiba di Kota Pontianak. Aku diajak Ayah ke tempat tanpa bayangan! Menarik ya namanya! Kamu pasti penasaran! Sama, aku juga penasaran. Sejak berangkat aku pun berusaha membayangkan akan seperti apa tempat itu.
    Aku menghabiskan perjalanan selama 30 menit untuk tiba di suatu tempat. Aku sempat bingung dan bertanya kepada Ayah, mengapa tempatnya seperti itu, tidak seperti yang kubayangkan. ternyata tempat itu bernama Tugu Khatulistiwa. Kata Ayah, semua benda yang ada di sini tidak memiliki bayangannya karena tugu ini berada tepat di posisi garis lintang 0 derajat.
Kota yang diceritakan oleh ina pada teks di atas adalah...
6. Sikap dan pandangan orang Tengger tercermin pada harapannya, yaitu...,..., dan ....
7. Aktivitas religi masyarakat suku Tengger mengikuti ritual agma...
8. Kapal tanker merupakan jenis alat transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut...
9. Perhatikan gambar berikut.











Patung konstruksi pada gambar di atas berbahan dasar...
10. Bahan yang digunakan untuk membuat patung berikut adalah...








C. Jelaskan dengan singkat pertanyaan dibawah ini!
1. Tuliska teori yang diperkenalkan oleh Nicolaus Copernicus.
2. Siapakah manusia pertama yang terbang ke luar angkasa?
3. Alat transportasi apa yang digunakan oleh para astronaut untuk terbang ke luar angkasa?
4. Perhatikan teks berikut.
    Buzz Aldrin adalah seorang astronaut Amerika yang turut menemani Neil Armstrong sebagai kru dari apollo 11. Beliau menjadi manusia kedua yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan. Pasa tanggal 20 juli 1969 Aldrin terseleksi sebagai astronaut pertama kalinya oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).
Siapakah tokoh utama dalam teks tersebut?
5. Siapakah tokoh tambahan dalam teks pada soal nomor 4 tersebut?
6. Bagaimana bentuk persatuan dan kesatuan masyarakat Tengger dalam membuat rumah?
7. Apakah manfaat masyarakat yang hidup dalam suatu komunitas?
8. Sebutkan alat-alat transportasi yang digunakan sebelum mengalami modernisasi!
9. Tuliskan dampak positif dari modernisasi alat transportasi!
10. Pembuatan patung dengan teknik konstruksi disebut dengan teknik merakit. Apakah artinya?




Demikian Soal Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema  3 Menjelajah Angkasa Luar Semester 2 Semester , Jangan lupa Share and Follow

5 komentar


EmoticonEmoticon